Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana


Nyamuk adalah binatang kecil yang digolongkan kedalam kelompok serangga. Makanan utamanya adalah darah, dan makanan kegemarannya adalah darah manusia. Setiap hari ribuan sampai jutaan nyamuk menetaskan telur dan dari telur tersebut terciptalah nyamuk baru yang jumlahnya lebih banyak. Semakin banyak nyamuk maka besar kemungkinan setiap satu orang manusia akan diganggu oleh puluhan nyamuk dalam satu malam sehingga akan membuat kita menjadi risih dengan gangguan nyamuk. Setiap hari rumah-rumah dikunjunginya untuk mencari makan. Kita sebagai manusia lambat laun menjadi jengkel dengan banyaknya nyamuk tersebut. Nahh dengan adanya gangguan nyamuk tersebut mau ga mau kita terpaksa menggunakan bahan kimia untuk mencegah nyamuk menggangu kenyamanan kita di malam hari.


Teknologi modern memang telah banyak memberi manfaat, termasuk menciptakan perangkap nyamuk yang harganya cukup mahal. Tapi terkadang kita mengabaikan solusi sederhana untuk tantangan yang sulit seperti pengendalian nyamuk. Penelitian cenderung fokus pada bahan kimia atau konsep yang dapat dipatenkan.

Padahal ada cara mudah dengan menggunakan bahan-bahan murah yang bisa menurunkan populasi nyamuk. Perangkap ini diletakkan di sekitar rumah dan bisa bertahan selama 10-14 hari. Berikut ini cara sederhana membuat perangkap nyamuk dengan botol plastik.

Alat dan bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah dicari di lingkungan sekitar. Seperti air panas, gula merah, ragi roti dan botol plastik bekas. Berikut ini langkah-langkah pembuatan perangkap nyamuk menggunakan botol plastik, untuk mempermudah saya berikan juga menggunakan ilustrasi bergambar.
  1. Potong dengan hati-hati botol plastik seperti gambar di bawah ini.


  2. Campur 50 gram gula merah dengan 200 mililiter air panas kemudian biarkan campuran tersebut hingga dingin.


  3. Tuang campuran yang sudah dingin ke bagian bawah botol plastik.


  4. Tambah ragi, tidak perlu diaduk nanti akan menghasilkan karbon dioksida sebagai penarik perhatian nyamuk.


  5. Letakan bagian corong, terbalik, kedalam separuh botol tadi.


  6. Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam (isolasi) dan letakkan di beberapa sudut rumah, kamar atau tempat yang banyak nyamuknya dan pastikan terlindung dari percikan air. Pada titik ini, bagian atas botol harus jauh di atas garis air. Jika tidak, kosongkan sedikit sehingga nyamuk dewasa akan dapat terbang dan tidak tenggelam dalam cairan.

Jangan lupa bongkar botol setelah 10-14 hari dan kembali isi dengan campuran yang baru kemudian pasang kembali perangkap tersebut. Cara sederhana diatas bisa membantu anda untuk mengurangi nyamuk di lingkungan sekitar.

Catatan : Selain mengundang nyamuk, alat ini juga mengundang semut karena adanya gula tadi, maka ada baiknya disekitar botol diberi kapur anti semut, atau diberi tatakan berisi air supaya alat ini bekerja maksimal, sehingga hanya nyamuk saja yang diundang alias ditangkap.

KELEBIHAN ALAT INI :
- Murah dan Ekonomis.
- Aman untuk manusia, lingkungan dan binatang perliharaan.
- Tanpa asap, bau dan kimia.
- Mudah digunakan.
- Cocok digunakan di dimana saja.
- Mengurangi angka kebakaran.
- Hemat energi, karena tidak menggunakan energi listrik.
- Mencegah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk (Demam Berdarah, Cikungunya, dll).

.: Semoga Bermanfaat :.

0 Response to "Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana"

Post a Comment

Popular Post

loading...